Kamis

Program PNPM 2008

Program Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2008

Sekitar 30 Milyar Tersebar di Desa

CIAMIS, KORAN IMSA,-

Pada tahun 2008 kabupaten Ciamis mendapat bantuan program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebesar 27,1 milyar. Dana tersebut rencananya akan didistribusikan ke sejumlah desa yang tersebar di 16 Kecamatan.

Masing masing desa penerima bantuan akan mendapat suntikan dana segar sekitar Rp. 200 juta. Kecuali kelurahan Ciamis sebesar Rp. 350 juta dan Desa Pagergunung sebesar Rp. 150 juta. Dana tersebut diperuntukan guna pemberdayaan masyarakat, meliputi sektor fisik dan non fisik.

Kepala Dinas KKB dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. H. Rukman Heryana, MM didampingi kabid Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Darmana mengungkapkan, dari jumlah dana tersebut, sekitar 20 % berasal dari APBD Kabupaten, sementara sisanya dari pemerintah pusat.

Ditambahkan Darmana, Program PNPM tersebut dibagi dalam dua kategori. Kategori pertama PNPN Mandiri pedesaan yang akan mendapat kucuran dana sebesar 21 milyar. Kategori kedua, yakni PNPM Mandiri perkotaan yang akan mendapat sebesar 6,1 milyar.

Kabupaten Ciamis juga, sambung Darmana, pada taun 2008 akan mendapat kucuran dana Raksadesa dari APBD Propinsi Jawa Barat sebesar 3,3 milyar yang tersebar di 33 desa di 8 kecamatan.

“Jika dijumlahkan, maka kucuran dana bagi pemberdayaan masyarakat desa di kabupaten Ciamis pada tahun 2008 sekitar 30 milyar. Diharapkan, dana tersebut mampu mendongkrak tingkat perekonomian masyarakat pedesaan” harap Darmana. (KI-08/ Dit/KORAN IMSA)

Tidak ada komentar: