Kamis


Program Caang 2010 Sebagai Solusi
Ratusan Ribu Warga Belum Menikmati Listrik

TASIKMALAYA KORAN IMSA
Ratusan ribu warga Kabupaten Tasikmalaya belum menikmati listrik. Dari 470.984 rumah tangga, sebanyak 225.156 rumah tangga belum menikmati listrik. Sedangkan untuk wilayah Kota Tasikmalaya, terdapat 26.598 rumah tangga yang belum menikmati listrik. Mereka masih menggunakan lampu oncor dan lampu berbahan bakar minyak tanah.
Kondisi tersebut juga tidak jauh berbeda dialami masyarakat Kabupaten Ciamis. Baru 64% saja yang bisa menikmati listrik, sebanyak 168.326 belum menikmati listrik. Sedangkan di Kota Banjar sebanyak 12.543 rumah tangga belum menikmati listrik.
Hal tersebut dikemukakan Asep Rahmat Asisten Manajer Niaga PLN Wilayah Tasikmalaya seusai sertijab Manajer PLN APJ Tasikmalaya dari Ir. Zainal Abidin kepada Ir. Doddi B Pangaribuan, M.B.A Jum’at (4/1).
Dikatakan Asep, melihat masih banyaknya warga yang belum menikmati listrik, pihaknya terus berupaya menambah pemasangan baru. “Pemasangannya ada yang dibantu pemerintah daerah, ada juga yang dilakukan sendiri,” ujar Asep.
Program Caang 2010
Sementara itu, menanggapi masalah banyaknya warga belum menikmati listrik, Ir Zainal, mantan Manajer PLN APJ Tasikmalaya berharap manajer PLN yang baru bisa menyukseskan program “Caang 2010”.
“Sesuai dengan komitmen PLN Distrubusi Jawa Barat dan Banten, pada tahun 2010, tepat HUT RI ke-75, semua warga harus sudah menikmati listrik. Ratio elektrifikasi mencapai 100%,” ujar Zainal.
Ditambahkan Zainal, hingga akhir 2007, jumlah pelanggan PL di wilayah APJ Tasikmalaya mencapai 718.520. Pelanggan terbanyak berada di wilayah UP Banjar yang meliputi wilayah kerja sebagian Kab. Majalengka, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, dan Kota Banjar, yakni 153.201 pelanggan. Sementara UP terkecil jumlah pelangganya berada di Pangandara berjumlah 58.300.
Sementara Doddi manajer baru PLN APJ Tasikmalaya mengatakan semua warga yang belum menikmati listrik, akan diupayakan terus penambahan pemasangan hingga sesuai komitmen PLN Jabar Banten tahun 2010 RE sudah 100%.
Manajer PLN yang baru Doddi B Pangaribuan, Ir. MBA, semula bertugas di Area Jaringan Bali Selatan. Sedangkan Ir. Zainal menempati pos baru sebagai Manajer Area Jaringan Selatan PLN. (Ndri)

Tidak ada komentar: