Rabu

Engkon Minta Pilkada Hemat Anggaran

CIAMIS IMSA.
Bupati Ciamis Engkon Komara, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis dalam Pilkada 2008 nanti menghemat anggaran. Engkon berkaca kepada Pilkada di Cilacap dengan dana sekitar 12 milyar.
Bupati Engkon mengharapkan kepada KPU biaya pilkada sekira Rp. 8 milyar dan sebanyak-banyaknya Rp. 12 milyar. Sementara KPU Ciamis sendiri dalam perhitungannya, mengajukan anggaran Rp. 14 milyar.
“Kami sulit memenuhi keinginan Bupati agar biaya Pilkada Rp. 8 Milyar. Kalau bercermin ke Cilacap, perbedaannya jauh. Sebab, Cilacap itu hanya terdiri dari 24 kecamatan. Sedangkan Ciamis terdiri 36 kecamatan dengan geografis yang cukup luas,” ujar Ketua KPU Ciamis Didi Heryadi kepada IMSA.
Didi menambahkan, dengan anggaran yang minim sesuai dengan keinginan eksekutif, sangat sulit untuk mewujudkan Pilkada berkualitas. “Kalau anggaran minim, sulit bagi KPU untuk mewujudkan Pilkada berkualitas,” ujarnya.
Didi mencontohkan, Pilakada Kota Tasikmalaya sebagai salah satu daerah yang dinilai pusat mampu menyelenggarakan Pilkada yang sukses dan damai, anggarannya mencapai 12 milyar. Padahal itu untuk 8 kecamatan.
“Kami ingin Pilkada Ciamis berkualitas. Kami harus menghitung anggaran serasional mungkin. Tentu kamipun harus menekan biaya yang tak rasional yang bisa membengkakan anggaran,” ujar Didi. ***

Tidak ada komentar: