Jumat


DPRD Ciamis Setuju Pemekaran Ciamis Selatan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis menyatakan dukungannnya terhadap keinginan masyarakat Ciamis selatan yang berniat untuk membentuk kabupaten tersendiri. Bentuk dukungan tersebut dibuktikan dengan akan dialokasikannya anggaran pengkajian bagi proses pemekaran dalam APBD perubahan 2007.

Ketua Presidium, Supratman menyatakan, kedatanggannya ke DPRD Ciamis merupakan salah satu bentuk perjuangan secara normatif. Pihaknya merasa lega, karena mayoritas anggota dewan mendukung langkahnya, termasuk pemkab Ciamis, walaupun hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah.

Dalam pertemuan antara presidium persiapan pemekaran Ciamis Selatan berikut 91 ketua BPD dari 10 kecamatan dengan DPRD Ciamis beberapa waktu lalu, sebagian besar anggota DPRD mendukung keiinginan pemekaran tersebut. Berikut hasil liputan KORAN IMSA saat Presidium melakukan dialog dengan DPRD Ciamis :

Subur Dwiono, Sekretaris Daerah Ciamis

Pemerintah kabupaten Ciamis menerima permohonan dalam upaya pemekaran Ciamis selatan melalui Presidium. Namun begitu, perjuangan ini harus melalui tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku.

HM. Taufiq, BA. Wakil Ketua DPRD Ciamis
Kami dan Partai Persatua Pembangunan (PPP) kabupaten Ciamis akan mendukung upaya pemekaran wilayah Ciamis Selatan dalam upaya mengubah nasibnya sendiri. “Tuhan tidak akan mengubah suatu kaum, jika kaum itu tidak mengubahnya sendiri” ungkap Taufik menyitir salah satu Ayat Qur’an.

Ia mendukung penuh upaya pemekaran dalam konteks mengubah nasib masyarakat Ciamis Selatan kearah yang lebih baik. Namun begitu, kata kuncinya ada di DPRD Ciamis. Kami mendesak kepada Ketua DPRD Ciamis untuk segera melaksanakan Panmus (Panitia Musyawarah) guna mengagendakan upaya pemekaran tersebut.

Kunkun Umar Farouq. Panitia Anggaran dari Fraksi Partai Golkar

Sebagai bentuk persetujuan terhadap perjuangan masyarakat Ciamis selatan dalam upaya membentuk kabupaten tersendiri, kami akan menganggarkan anggaran guna pengkajian akademik. Sehingga, upaya pemekaran lebih terarah.

“Anggaran kajian akademik mudah-mudahan dapat terealisasi pada APBD perubahan tahun 2007 ini” ungkapnya.

Dede Heru Susanto, Fraksi Partai Golkar

Kami mendukung sepenuhnya upaya pemekaran Ciamis selatan. Sebagai bentuk keseriusan dukungan ini, kami meminta kepada ketua DPRD Ciamis untuk menunjuk saya sebagai bagian dari tiem kajian pemekaran.

Ganjar M. Yusuf, Fraksi Partai Golkar
Kami sangat setuju jika Ciamis menjadi dua kabupaten. Yakni, Ciamis saat ini dan kabupaten Ciamis selatan.

Namun dalam upaya normatif pemisahan ini, keterlibatan PNS harus dihindari, sebab PNS harus dalam posisi netral. Kecuali bagi mereka yang dalam struktur kemasyarakatan terlibat menjadi ketua BPD. Dalam kontek ini PNS bersangkutan dalam posisi sebagai ketua BPD yang harus menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat.

Didi Sukardi, Ketua Fraksi PKS

Kami mohon maaf jika sampai hari ini PKS belum bisa membantu sepenuhnya perjuangan membentuk kabupaten Ciamis selatan. Namun yang paling penting, PKS sangat setuju terhadap pemekaran ini. Dibuktikan dengan keputusan Rakerda II PKS beberapa waktu lalu.

PKS akan terus konsisten untuk mentaati aturan, sehingga perjuangan kami bersama masyarakat Ciamis selatan dalam mewujudkan pemekaran sesua dengan aturan yang ada. Karenanya PKS siap terlibat dalam kajian komprehensip dalam mengantarkan Caimis selatan menuju kabupaten tersendiri.

Oman Sugianto, Fraksi Galuh

Sebagai orang Ciamis selatan, sudah barang tentu kami sangat mendukung upaya ini. Namun perjuangan ini harus sesuai dengan norma dan aturan yang ada. Jangan tergesa-gesa. Harus santai tapi pasti.

Upaya pemisahan yang didukung sepenuhnya oleh rakyat Ciamis selatan harus dipelopori oleh DPRD Ciamis. Dewan jangan diam saja.

Ismail Elyas, Fraksi PKS

Masyarakat Ciamis selatan harus menyiapkan kajian bersama Perguruan Tinggi (PT) baik yang ada di Jakarta maupun di Bandung guna melaksanakan salah satu persyaratan pemekaran.

Upaya pemekaran yang diperjuangkan harus dengan niat tulus dan ikhlas dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan dan mempermudah pelayanan terhadap masyarakat


Endang, ST. Fraksi PPP
Salah satu persyaratan pemekaran adalah adanya kajian kelayakan dari Perguruan Tinggi. Ini harus dilalui. Kami mengusulkan kepada ketua DPRD Ciamis untuk menganggarkan anggaran guna terlaksananya kajian pemekaran Ciamis Selatan.

Kami juga mendesak kepada Pemkab Ciamis untuk mengusulkan anggaran kajian ini dalam APBD Perubahan.

Edi Cakra, Fraksi PDIP

Atas nama wakil dari masyarakat Ciamis Utara, kami sangat setuju perjuangan masyarakat Ciamis Selatan untuk membentuk pemerintahan tersendiri.

1 komentar:

AGUS ISKANDAR mengatakan...

Pemekaran = Lahan baru, Lowongan jabatan baru, Angaran baru